Puluhan Calon Pengantin Ikut Binwin

0
39
DOK/RK : Kepala Kantor Kemenag Kepahiang H. Lukman, S.Ag M.Hi

RK ONLINE – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kepahiang melaksanakan Bimbingan Perkawinan (Binwin) bagi puluhan calon pengantin. Kakan Kemenag Kepahiang, H. Lukman, S.Ag, M.Hi mengatakan, jadwal pra nikah atau bimbingan perkawinan untuk pasangan calon pengantin cukup banyak bulan Syawal atau seusai lebaran Idul Fitri ini. Karena itu pelaksanaanya dipusatkan di aula Kantor Kemenag Kepahiang.

Lukman menyampaikan, bimbingan perkawinan bagi calon pengantin bertujuan untuk mewujudkan keluarga sakinah, mawadah, warahmah agar terciptanya generasi muda yang berkualitas. Binwin menurutnya, sangat penting bagi pasangan pranikah lantaran pada kegiatan tersebutlah calon pengantin diingatkan akan pentingnya memperkuat pondasi-pondasi keagamaan sebagai modal awal terciptanya perkawinan yang sakinah.

“Diharapkan dengan bimbingan ini dapat membentuk karakter yang bertanggungjawab, mengetahui hak maupun kewajiban sebagai suami dan istri, serta dapat mengurangi angka perceraian. Ya sebagai pondasi awal terciptanya perkawinan yang sakinah, mawadah dan warahmah,” kata Lukman.

Dia melanjutkan, bahwa salah satu tugas Kementerian Agama adalah memberikan bimbingan perkawinan kepada pasangan pra nikah sebagai bentuk upaya mengantisipasi kasus kekerasan dalam rumah tangga, selain mengurangi angka perceraian. Kegiatan bimbingan masyarakat Islam ini sambungnya, harus rutin diselenggarakan oleh seluruh Kantor Urusan Agama (KUA).

“Peserta Binwin kita minta dapat mengikuti kegiatan ini dengan seksama, agar dapat memberi manfaat bagi calon pengantin itu sendiri. Yang kedepannya diharapkan, kehidupan pascamenikah dapat mewujudkan keluarga yang bahagia di dunia dan akhirat,” tutupnya.

 

Pewarta : Reka Fitriani/Krn

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here