Ubah Terminal Terbengkalai Menjadi Pasar

0
21
DOK/RK
BERIKAN : Fraksi Kebangkitan Bangsa menyerahkan pandangan fraksinya.

RK ONLINE – Sejumlah catatan disampaikan fraksi-fraksi DPRD Kepahiang dalam rapat paripurna pandangan fraksi atas Pertanggungjawaban APBD TA 2021, Selasa (21/6/22) kemarin. Diantaranya Fraksi Kebangkitan Bangsa, meminta sejumlah aset di Kabupaten Kepahiang bisa dimanfaatkan dengan baik. Salah satunya terminal terbengkalai yang berada di Kelurahan Durian Depun Kecamatan Merigi menjadi pasar.

“Sangat disayangkan jika dibiarkan dan tidak dimanfaatkan (Terminal Merigi, red). Padahal bisa dialihfungsikan menjadi pasar. Terlebih, selama ini di lokasi tersebut sudah ada aktivitas jual beli (Pekan Selasa),” sampai Jubir Fraksi Kebangkitan Bangsa, Drs. Basing Ado.

Terkait hal ini Bupati Kepahiang, Dr. Ir. Hidayattulah Sjahid, MM, IPU mengatakan, pemanfaatan aset terminal di Kecamatan Merigi akan dibicarakan lebih lanjut. Sebab menurut Dayat, terminal Merigi berstatus sebagai terminal tipe B yang kebijakan pemanfaatannya, sepenuhnya di tangan Pemprov Bengkulu.

ADD

“Aturan terbaru, kabupaten itu hanya bisa mengelola terminal tipe C. Sementara terminal Merigi tipe B, yang kebijakannya diambil alih pemerintah provinsi,” kata bupati.

Dengan adanya masukan dialihfungsikan, Bupati Hidayattullah menyebutkan dia sangat setuju.

“Tahap awal, kita lihat dulu regulasi terkait alih fungsinya. Karena untuk melakukan alih fungsi, tentunya harus adanya izin atau disampaikan kepada DPRD, tidak bisa Pemkab langsung mengambil kebijakan. Jangan sampai muncul persoalan dikemudian hari,” demikian bupati.

Pewarta : Epran Antoni/Krn

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here