UMKM Binaan PLN dan Rumah BUMN Ramaikan Pasar Senggol Turkey

0
73
Turkey
Foto/Ist : UMKM Kepahiang dan Jambi Binaan PLN dan Rumah BUMN ramaikan Pasar Senggel di negara Turki.

Komitmen Dorong UMKM Go Global

RK ONLINE – PT PLN (Persero) bersama BRI, BNI, Telkom Indonesia, Pertamina dan Bank Mandiri mengikutsertakan UMKM binaannya dalam pameran dagang, bazar kuliner dan festival budaya terpadu bertajuk Festival Pasar Senggol Turkey. Kegiatan yang dilaksanakan di Halic Congress Center, Istanbul dari 3 – 6 Juni 2022 ini, diselenggarakan oleh Komunitas ekonomi diaspora dan perhimpunan pelajar Indonesia (PPI) Turki dengan didukung penuh, Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Istanbul dan diikuti tidak kurang dari 80 UMKM dari Indonesia.

Pasar Senggol Turki merupakan festival ekonomi dan budaya Indonesia di Turki. Ide Pasar Senggol ini tercetus dari beberapa pengalaman diaspora Indonesia yang berada di Turki dan seringkali berpartisipasi dalam suatu festival tahunan yang diselenggarakan oleh beberapa komunitas di Turki. Seperti Thailand market, International Woman of Istanbul (IWI) dan bazar lainnya.

Ajang ini diharapkan dapat menjadi sarana promosi dan pemasaran produk UMKM Indonesia kepada pasar international. Selain itu juga menjadi angin segar bagi para pelaku usaha diaspora Indonesia dan Turki, agar dapat selalu produktif, kreatif dan inovatif untuk mengembangkan produknya. Tentunya ini adalah salah satu platform yang sangat dinanti untuk mengembangkan aktifitas perekonomian yang telah surut di masa pandemi.

ADD

Baca juga : Produk KIMBun Kopi Pamor Katon Siap Menjadi Produk Unggulan UMKM Mitra Binaan PLN UPDK Bengkulu

Pasar Senggol Turki ini dihadiri dan dibuka Duta Besar Republik Indonesia Turki di Ankara, Dr. Lalu Muhamad Iqbal. Dalam sambutannya, beliau mengatakan bahwa kegiatan ini akan dilakukan setiap tahun, karena selain sebagai ajang promosi bisnis produk lokal Indonesia kepada dunia, juga sebagai salah satu ajang silaturahmi WNI di Turki yang saat ini, berjumlah kurang lebih 7.000 orang.

Foto/Ist : UMKM Kepahiang dan Jambi Binaan PLN dan Rumah BUMN ramaikan Pasar Senggel di negara Turki.

“Dengan adanya festival ini, diharapakan diaspora dapat meningkatkan kerja sama ekonomi antar negara serta dapat melestarikan kebudayaan Indonesia di Turki. Selain itu juga dapat mendorong terciptanya produk unggulan yang dapat dipasarkan di pasar bebas Turki dengan sasaran, arah dan strategi yang baik dan benar”, ungkapnya.

Konsul Jenderal Republik Indonesia Istanbul, Imam As’ari dalam berita yang dilansir dari laman kemlu.go.id mengatakan, Festival Pasar Senggol Turkey diharapkan menjadi ikon kegiatan ekonomi dan budaya diaspora Indonesia di Turki yang diselenggarakan reguler setiap tahunnya. Seiring dengan persiapan Festival Pasar Senggol, para diaspora ekonomi Indonesia di Istanbul dengan dipandu KJRI Istanbul juga menggagas terbentuknya Komunitas Ekonomi Diaspora Indonesia (KEDI).

“Diharapkan dapat menjadi wadah tukar informasi, kolaborasi dan pemberdayaan pelaku usaha dan calon wirausaha diaspora Indonesia di Istanbul dan wilayah lainnya di Turki,” ucapnya.

Terpisah, Arya Sinulingga selaku staffsus Kementrian BUMN melalui daring menyampaikan bahwa Kementerian BUMN selalu berkomitmen untuk memajukan bisnis UMKM Indonesia. Salah satunya melalui Program Rumah BUMN yang fokus membina UMKM lokal untuk berkembang melalui Go Modern, Go Digital, Go Online dan Go Global.

“Berbagai program terus kita lakukan, seperti Rumah BUMN yang menjadi tempat bagi UMKM untuk berkembang, lebih kreatif, go digital dan go global dengan pendampingan dari BUMN. Bukan hanya pendampingan, BUMN juga mendukung dari sisi pembiayaan bahkan hingga pemasaran seperti yang kita lakukan di Turki ini. Kementrian BUMN berkomitmen membawa UMKM untuk bisa membuka market baru,” papar Arya.

Kordinator Perhimpunan Pelajar Indonesia Dunia (PPID) sebagai ketua penyelenggara yaitu Faruq Ibnul Haqi menyampaikan, kegiatan ini nantinya direncanakan dapat di lakukan di 60 negara yang terdapat pelajar Indonesia. Dengan harapan para pelajar Indonesia di negara tersebut juga dapat membantu dalam memasarkan produk unggulan Rumah BUMN.

“Selain untuk membantu dalam memberdayakan pengusaha lokal, tapi juga menciptakan jiwa entrepreneur kepada para pelajar tersebut,” sampai Faruq.

Perwakilan Mitra unggulan PLN Rumah BUMN yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini, Rumah Madu Hutan Jambi yang merupakan binaan Rumah BUMN Jambi dan Kopi Bermani Kepahiang yang merupakan binaan Rumah BUMN Kepahiang, Bengkulu. Dalam kegiatan ini, Rumah Madu Hutan Jambi berkesempatan mengenalkan dan menjual produk-produk unggulannya. Antara lain Madu Akasia (Acacia crassicarpa), Madu Kelulut/stingless Bee (Trigona sp), Bee Power, Bee Pollen dan Honey Combs. Sedangkan Kopi Bermani membawa 3 (tiga) produk unggulannya. Yakni Ground Coffe dari jenis Robusta, Arabica dan Liberica, serta Roast Bean dan Green Bean.

Sebagai UMKM Binaan Rumah BUMN PLN, Candra Lela dan Adi Negoro berharap, kegiatan seperti ini dapat sering dilakukan, untuk membantu memasarkan produk-produk UMKM. Selain itu juga sebagai salah satu cara untuk memahami kebutuhan produk yang ada di berbagai negara.

“Kami sangat terbantu dan berterimakasih kepada PLN yang telah mengikutsertakan kami dalam kegiatan ini. Kami juga berterimakasih kepada Bapak Erick Thohir dan Arya Sinulingga yang telah mendukung program pemasaran UMKM melalui pameran international seperti ini”, ungkap Candra Lela.

Tak hanya pameran produk kuliner, barang dan jasa, Festival Pasar Senggol Turkey juga dimeriahkan serangkaian pagelaran seni budaya, panggung rakyat, business talks dan fashion show yang ditampilkan oleh para diaspora dan pelajar Indonesia, sanggar tari dan kampus mode dari Indonesia, serta penampilan friends of Indonesia. Panggung Pasar Senggol juga diisi dengan gala show pembukaan yang dihadiri juga oleh para Konsul Jenderal dari negara-negara Asia Pasifik dan dignitaries setempat.

Foto/Ist : UMKM Kopi Bermani Binaan PLN dan Rumah BUMN ramaikan Pasar Senggel di negara Turki.

Salah satu bussiness talk yang dilaksanakan pada hari kedua festival, bertajuk “Idonesia – Turkey Business Forum dan Global Leaders Award”, mempertemukan para mitra Rumah BUMN dengan distributor-distributor lokal Turki. Kegiatan ini diharapkan mampu menjembatani komunikasi dan pemasaran antara UMKM di Indonesia dengan distributor produk di negara berpenduduk 84 juta jiwa itu. Kegiatan ini juga diharapkan mampu meningkatkan networking dan relasi UMKM Mitra BUMN dan menemukan potensial buyer untuk pemasaran secara berkelanjutan kedepannya.

Melalui kegiatan seperti ini Manager Operasional dan Program Rumah BUMN PLN Jambi dan Kepahiang, Agung Yudha Prawira berharap, semakin banyak UMKM Mitra Rumah BUMN Khususnya PLN berkesempatan untuk menunjukan daya saing kualitas produk lokal kepada dunia. Serta dapat dimanfaatkan sebagai salah satu cara untuk membangun jaringan distribusi dan penjualan produk ke berbagai negara di eropa

Festival Pasar Senggol Turkiye juga dikunjungi oleh petinggi perusahaan-perusahaan multinasional. Seperti Indofood dan Unilever di Turkey. Dalam kunjungannya, mereka memberi masukan jika Istanbul merupakan ‘Jalur Sutra Dunia’. Sehingga menjadi arah yang tepat untuk memesarkan dan memperkenalkan produk yang dimiliki Indonesia. Jika kualitas produk yang dimiliki pelaku-pelaku UMKM dapat menyesuakan standar di Istanbul, maka dapat membuka jalan ke pasar yang lebih luas, karena kebanyakan pasar Eropa merupakan produk yang melalui pasar di Istanbul.

Tidak hanya itu, rangkaian Festival Pasar Senggol Turkiye ini juga diharapkan dapat menjadi jalan pembuka bagi para UMKM Unggulan binaan BUMN Indonesia, untuk berkembang dan berkiprah di pasar Internasional, sesuai tujuan pembinaan UMKM BUMN yaitu UMKM Naik Kelas menuju Go Global.

Pewarta : Hay/Adv

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here